Induk Sepak Bola Indonesia


Induk Organisasi Sepak Bola Indonesia

 Terbentuknya PSSI

Induk Organisasi Sepak Bola Indonesia

PSSI terbentuk di Yogyakarta 19 April 1930. Sayangnya, pada jaman dulu, namanya tak sepert saat ini. Dulu, namanya adalah Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia. Ini merupakan tonggak sejarah bagi persepakbolaan tanah air. Pada saat itu, PSSI lahir di jaman penjajahan Belanda.
Tepatnya, PSSI lahir 15 tahun sebelum kemerdekaan Indonesia, yaitu 17 Agustus 1945. Alhasil, banyak orang bilang bahwa PSSI lahir dengan semangat non-politik dan murni karena olahraga.

Sosok Perintis PSSI

Induk Organisasi Sepak Bola Indonesia



Pasti ada sosok atau tokoh tertentu yang mengakibatkan lahirnya PSSI. Dan, tokoh paling berjasa dalam persepakbolaan Indonesia yaitu seorang insinyur sipil.
Namanya, Soeratin Sosrosoegondo. Latar belakang pendidikannya, yaitu berhasil menyelesaikan pendidikan di Sekolah Teknik Tinggi di Heckelenburg, Jerman, pada tahun 1927. Kembali ke Indonesia di Tahun 1928.
Bekerja di sebuah perusahaan asal Belanda, Sizten en Lausada, dirinye berkantor di Yogyakarta. Saat itu, dirinya lah orang pribumi satu-satunya yang bisa duduk di jajaran komisaris perusahaan konstruksi besar. Meski begitu, dirinya tak terlena dan memilih mundur dari perusahaan.

Awal Terbentuknya PSSI

Induk Organisasi Sepak Bola Indonesia

Didorong oleh kecintaannya kepada bangsa Indonesia, selepas keluar dari Sizten en Lausada, Soeratin terjun di dunia pergerakan. Saat itu, dirinya begitu menggemari permainan sepak bola.
Di tahun 1928, tepatnya pada waktu sumpah pemuda, dirinya mengutarakan bahwa begitu pentingnya menjadikan sepak bola sebagai wadah terbaik menumbuhkan rasa nasionalisme di kalangan pemuda.
Guna meluluskan keinginan tersebut, Soeratin rajin melakukan pertemuan dengan tokoh-tokoh sepak bola di Solo, Yogyakarta, dan Bandung. Dan, agar hal itu tak terendus oleh pihak Belanda, pertemuan tersebut pun dilakukan secara diam-diam. Hal ini guna menghindari sergapan dari Polisi Belanda (PID).

Pertemuan di Hotel Kecil

 Induk Organisasi Sepak Bola IndonesiaSebelum terbentuknya

Sebelum terbentuknya PSSI, kala itu diadakan pertemuan bertempat di hotel kecil Binnenhof di Jalan Kramat 17, Jakarta, bersama Soeri ketua VIJ (Voetbalbond Indonesische Jakarta). Pertemuan ini pun dihadiri oleh pengurus lain. Saat itu, mulailah mematangkan konsep pendirian organisasi sepak bola tanah air. Selanjutnya, sebelum resmi mebentu organisasi bernama PSSI, dilakukan serangkaian pertemuan penting di Bandung, Yogyakarta, dan Solo. Tak seperti sebelumnya, pertemuan ini, bahkan, dihadiri oleh tokoh pergerakan nasional, seperti Daslam Hadiwasito, Amir Notopratomo, A. Hamid, dan Soekarno (bukan Bung Karno).

Logo PSSI

Induk Organisasi Sepak Bola Indonesia

Tak lengkap bila sebuah organisasi tanpa logo. Logo merupakan simbol guna memperkenalkan sebuah organisasi kepada khalayak umum.
Begitu pula PSSI. Kala itu, sehubungan dengan keterbatasan komunikasi, mematangkan konsep pendirian PSSI dilakukan secara diam-diam.
Bahkan, terkadang melalui kontak pribadi atau melalui kurir. Misalnya, Soediro (Ketua Asosiasi Muda Magelang).
Selanjutnya, setelah mengalami berbagai gejolak, pada tanggal 19 April 1930, berkumpul beberapa tokoh penting, seperti:
  • Wakil dari VIJ (Sjamsoedin, mahasiswa RHS)
    BIVB – Bandoengsche Indonesische Voetbal Bond (Gatot)
  • PSM – Persatuan sepak bola Mataram Yogyakarta (Daslam Hadiwasito, A. Hamid, dan M. Amir Notopratomo)
  • VVB – Vortenlandsche Voetbal Bond Solo (Soekarno)
  • MVB – Madioensche Voetbal Bond (Kartodarmoedjo)
  • IVBM – Indonesische Voetbal Bond Magelang (E.A. Mangindaan
  • SIVB – Soerabajasche Indonesische Voetbal Bond (Pamoedji).
Berkumpulnya tokoh-tokoh tersebut pun tak sia-sia. Berdasarkan kesepakatan bersama, keputusan mendirikan PSSI (Persatoean Sepak Raga Seloeroeh Indonesia) semakin mantap. Dan, secara resmi di tahun 1930 PSSI lahir.
Namun, di tengah perjalanan, tepatnya di kongres PSSI (Solo tahun 1930) mengubah nama menjadi Persatuan sepak bola Seluruh Indonesia. Dan, Ir. Soeratin ditunjuk sebagai ketua umum.

Sumber :
induk-organisasi-sepak-bola-indonesia 

0 komentar:

Posting Komentar